Menghayati Ekaristi - Mazmur Tanggapan



Sesudah bacaan pertama, menyusul mazmur tanggapan yang merupakan unsur pokok dalam Liturgi Sabda. Mazmur Tanggapan memiliki makna liturgis, serta pastoral yang penting karena menopang perenungan atas Sabda Allah(PUMR 61)

Mazmur tanggapan adalah menanggapi sabda Tuhan dan tanggapan ini bukan dengan sembarang kata, tetapi dengan kata-kata Alkitab yang telah dipilih secara seksama oleh para ahli liturgi.

PUMR 55 dan 57 menyatakan "Bacaan-bacaan dari Alkitab dan nyanyian-nyanyian tanggapannya merupakan bagian pokok dari Liturgi Sabda. Tidak diijinkan mengganti bacaan dan mazmur tanggapan, yang berisi Sabda Allah, dengan teks-teks lain yang bukan dari Alkitab".

Mazmur tanggapan teriri dari ulangan dan ayat. Ulangan dimaksudkan sebagai kunci penafsiran atau sebagai amanat inti dari bacaan yang baru saja didengar. Ulangan memungkinkan umat untuk mengambil bagian secara aktif dalam permohonan, pujian, renungan, dan lain-lain. Ayat atau bait-bait bermaksud mempedalam amanat pewartaan. Dialog antara ayat-ulangan, antara pemazmur-umat, antara pewarta dan penerima sabda menggambarkan dialog antara Allah dan umatNya.

Tempat pemazmur atau solis yang membawakan ayat-ayat mazmur ialah di mimbar atau di tempat lain yang pantas.
Umat mendengarkan sambil duduk.

Add comment


Security code
Refresh

Social Bookmark

FacebookTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksTechnoratiLinkedinRSS Feed

Online Users

We have 54 guests and no members online

Visitors Counter

0635238
Hari ini
Kemarin
272
553